Tuesday 8 November 2016

Mau Belanja Online? Baca ini !

Mau Belanja Online? tapi takut?. Dizaman secangggih ini, ternyata masih banyak yang takut untuk belanja online. Takut ditipu, takut gak sesuai sama apa yang diharapkan, bahkan masih banyak yang gak tau tata cara untuk belanja online alias bingun. Di artikel kali ini saya akan membagikan artikel tentang belanja online berdasarkan pengalaman saya dan apa yang saya tahu.

1. Pastikan Toko Online Tempat Anda Ingin Order Barang Terpercaya

Sebelum berbelanja online anda harus memastikan apakah toko online anda terpecaya. Bagaimana caranya? jika toko onlinenya mempunyai iklan di tv sudah pasti itu terpecaya dan gak main-main, karena untuk pasang iklan di tv butuh biaya yang besar, biasanya toko online besarlah yang mempunyai iklan di TV, walaupun gak semua toko online terpecaya memiliki iklan di TV. Periksa testimoni, testimoni itu adalah bukti-bukti dari konsumen lain yang telah berbelanja online di toko online tersebut, seperti misalnya foto-foto barang yang telah terkirim dari konsumen dan screenshoot percakapan si penjual dan konsumen. Lihat juga apakah toko online itu aktif atau tidak, dengan melihat tanggal terakhir kali ia membagikan postingan atau komentar jika itu sudah lebih dari sebulan yang lalu, maka harus dicurigai. Apakah si toko online menampilkan lokasinya melalui fitur google earth di internet? itu juga harus di perhatikan, jika ada, juga bisa anda cek lokasinya langsung atau melalui google earth. Jika itu berbasis web maka lihat apakah webnya benar-benar dibuat dengan bagus dan apakah ia mempunyai domain berbayar seperti .com, .co.id, dll, karena domain tidak dibeli dengan gratis, kecuali .blogspot .

2. Manfaatkan Diskon dan Event Tertentu
Order barang disaat diskon-diskon dan event-event tertentu menjadi sebuah pilihan bagi kita yang memiliki bugdet pas-pasan.  Dan saya juga merekomendasikan hal itu, karena jujur saya sendiri juga memanfaatkan diskon-diskon dan event-event tertentu saat belanja online, karena harganya yang lebih murah dari biasanya, apalagi kalau ada free-ongkir, hal ini yang benar-benar harus dimanfaatkan saat anda bebelanja online.

3. Orderlah Barang Sekali Banyak dalam Sekali Transaksi
Jika anda ingin order barang seperti baju, sepatu, tas, atau barang-barang yang beratnya tidak lebih dari 1 Kg, lebih baik anda order dalam sekali transaksi pada toko online tersebut, Karena ongkirnya akan bisa dihitung 1 unit. Biasanya ongkir 1 unit muat dengan 5 pcs baju, artinya walaupun anda order 5 pcs, ongkirnya akan dihitung satu. Jadi jika ongkir ke rumah anda misalnya Rp.30.000, walaupun anda membeli 5 baju sekalipun dalam sekali transaksi ongkirnya akan tetap Rp.30.000, jika lebih dai 5 baju maka ongkirnya akan ditambah. Tapi hal ini tidak belaku pada toko-toko online seperti Lazada, Tokopedia, Olx, dsb. Dikarenakan toko online seperti ini memiliki lebih dari satu penjual yang berbeda-beda.

4. Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Order Barang
Orderlah barang yang memang tidak ada yang menjualnya didaerah anda, atau orderlah barang yang harganya jauh lebih murah dibandingkan ketika anda beli di Toko terdekat, akan tetapi jika harganya tidak begitu jauh perbandingannya, lebih baik anda belanja di Toko terdekat saja. Karena walaupun di Toko online tempat anda berbelanja bisa mengembalikan barang jika barang rusak dan tak sesuai yng dinginkan, tapi ini akan membuang-buang waktu anda. Jadi hal seperti ini juga harus diperhatikan sebelum anda berbelanja online.

Demikian artikel dari saya, jika ada saran dan komentar serta ada yang mau bertanya  silahkan komen dibawah. Sekian dan Terima Kasih.




 


0 komentar:

Post a Comment